Benchmarking Komputer


Benchmark adalah suatu metode untuk mengevaluasi kinerja komputer dan menggunakan hasil evaluasi tersebut untuk dibandingkan dengan komputer lainnya. Evaluasi dengan benchmark ini biasanya akan menghasilkan hasil akhir berupa skor.

Cara kerja aplikasi benchmark

Disini saya akan mencoba mem-benchmark menggunakan Antutu Benchmark untuk android.

AnTuTu adalah salah satu aplikasi benchmark terpopuler untuk perangkat Android. AnTuTu mentest banyak bagian perangkatmu dan menampilkan hasil skor keseluruhannya. Berikut cara kerja AnTuTu.

Overall Score

Seperti aplikasi benchmark lainnya, AnTuTu menampilkan hasil keseluruhan skor dalam bentuk angka seperti skor individu untuk setiap test performa.

Skor keseluruhan tersebut berguna untuk membandingkan performa dengan perangkat lain. Contohnya, jika skor perangkatmu 20.000, sedangkan perangkat pembandingnya 40.000 itu berarti perangkat pembanding lebih cepat 2x lipat. skor individu digunakan untuk membandingkan kesamaan performa antar 2 perangkat. Contohnya, untuk membandingkan seberapa cepat performa media penyimpananmu dengan perangkat lain.

what-does-antutu-measure-1

UX (User Experience)

UX dibagi menjadi 2 bagian yaitu Multitask dan Runtime. Multitask adalah skor yang mewakilkan seberapa baik perangkat dalam mengerjakan banyak hal (Multitasking), sedangkan Runtime adalah skor yang mewakilkan seberapa baik Android menjalankan aplikasi.

what-does-antutu-measure-2

RAM

AnTuTu membagi skor RAM menjadi RAM Operation dan RAM Speed. Benchmark tersebut untuk menganalisis kecepatan baca RAM, kecepatan menulis RAM dan performa keseluruhan RAM.

what-does-antutu-measure-3

CPU

AnTuTu membagi CPU menjadi 2 sub skor yaitu CPU integer dan CPU float-point.

what-does-antutu-measure-4

GPU

AnTuTu membagi GPU benchmark skor menjadi 2 bagian yaitu 2D graphics dan 3D graphics. Kamu akan melihat kalau AnTuTu akan melakukan test 2D dan 3D saat menjalankan benchmark. Grafis 2D digunakan seperti ketika kamu memainkan Angry Bird klasik yang menembakan burung untuk menghancurkan bangunan, grafis 2D disini berfungsi untuk menggerakan burung dan bagian-bagian lainnya pada layar. Sedangkan grafis 3D digunakan ketika kamu memainkan Angry Birds Go! yang grafisnya 3D, grafis 3D disini berfungsi untuk merender/menterjemahkan 3D agar bisa ditampilkan dan digerakan.

what-does-antutu-measure-5

IO

AnTuTu menampilkan 2 IO skor yaitu Storage I/O dan Database I/O. Skor Storage I/O mewakili kecepatan masukan/keluaran internal storage perangkatmu. Sedangkan skor Database I/O mewakili kecepatan membaca dan menulis database.

what-does-antutu-measure-6

Sekian pembahasan tentang Benchmarking Komputer kususnya benchmarking menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark.
Previous
Next Post »