Mind Mapping Media Sosial


Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi, berkomunikasi, saling kirim pesan, dan berbagi konten. Media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Mind Mapping Media Sosial

Mind Mapping Media Sosial
Keterangan:

Photo Sharing

Picasa Logo.svg
Picasa
Picasa adalah perangkat lunak aplikasi untuk meninjau, mengelola, dan mengedit gambar digital, termasuk di dalamnya fitur sharing foto terintegrasi. Picasa dibuat oleh perusahaan bernama Lifescape pada 2002. Pada Juli 2004, Google mengakuisisi Picasa dari Lifescape dan menjadi freeware.

Instagram logo.png
Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Instagram dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, dan diluncurkan pada Oktober 2010 sebagai aplikasi mobile gratis. Instagram dengan cepat meraih popularitas, dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif pada April 2012 dan lebih dari 300 juta pada Desember 2014. Instagram didistribusikan melalui Apple App Store, Google Play, dan Windows Phone Store. Aplikasi Instagram tersedia untuk iPhone, iPad, iPod Touch, dan perangkat Android, sementara aplikasi Instagram pihak ketiga tersedia untuk Blackberry 10 dan perangkat Nokia-Symbian.

Photobucket Full Logo copy.png
Photobucket
Photobucket adalah situs web penyedia layanan penyimpanan gambar dan video, dan komunitas online yang didedikasikan untuk melestarikan dan berbagi seluruh foto dan video yang siklus hidup. Photobucket menyimpan lebih dari 10 milyar gambar dari 100 juta pengguna teregistrasi, yang mengunggah lebih dari 4 juta gambar dan video per hari dari wen dan perangkat digital yang terhubung. Photobucket bermarkas di Denver dengan kantor regional di Chicago, Los Angeles, New York dan San Francisco. Photobucket ditemukan pada 2003 oleh Alex Welch dan Darren Crystal, dan mendapat pendanan dari Trinity Ventures. Photobucket diakuisisi oleh Fox Interactive Media pada 2007. Pada Desember 2009 Perusahaan induk Fox, News Corp, menjual Photobucket kepada Seattle mobile imaging startup Ontela. Kemudian Ontela mengganti nama menjadi Photobucket Inc. dan melanjutkan beroprasi sebagai Photobucket.

Photobucket terbuka untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Pengguna pribadi biasanya menggunakan Photobucket untuk menyimpan gambar kemudian menggunakannya sebagai tampilan avatar pada forum, menyimpan video, dan menyimpan gambar dan video untuk blog. Gambar yang tersimpan pada Photobucket biasanya untuk bisnis online, lelang online dan website iklan baris seperti eBay.

Penerbitan

Logo Blogger
Blogger
Blogger adalah layanan publikasi blog yang memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan tulisannya. Blogger dikembangkan oleh Pyra Labs, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada 2003. Biasanya blog yang terhost oleh Google mempunyai subdomain blogspot.com. Blog juga bisa dihost dengan custom domain contohnya seperti www.situsmu.com. Jadi domain blogspot.com akan diarahkan ke custom domain.

Tidak seperti WordPress.com, Blogger memperbolehkan penggunanya menggunakan domainnya sendiri tanpa dipungut biaya, sedangkan WordPress.com memerlukan biaya sekitar $11 untuk menggunakan custom domain.

Wikipedia wordmark
Wikipedia
Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Orang yang mengakses situs Wikipedia dapat mengedit kebanyakan artikel. Wikipedia menjadi satu di antara sepuluh situs yang paling populer dan menjadi terbesar dan terpopuler di internet sebagai buku pedoman umum.

Jimmy Wales dan Larry Sanger meluncurkan Wikipedia pada 15 Januari 2001. Awalnya Wikipedia hanya tersedia dalam bahasa Inggris, kemudian dengan cepat menjadi multibahasa. Total keseluruhan artikel Wikipedia adalah 37 juta artikel dengan 250 bahasa yang berbeda. Sampai Februari 2014 Wikipedia mempunyai 18 juta pembaca dan hampir 500 juta pengunjung setiap bulannya.

WordPress logo.svg
WordPress
WordPress adalah sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. Memiliki fitur plugin architecture dan template system. WordPress dirilis pada 27 Mei 2003 oleh penemunya yaitu Matt Mullenweg dan Mike Little.

Jejaring Sosial

Facebook New Logo (2015).svg
Facebook
Facebook adalah jejaring sosial yang bermarkas di Menlo Park, California. situs web Facebook diluncurkan pada 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg dengan teman sekamarnya di Universitas Harvard Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Pada awalnya Facebook hanya terbatas untuk pelajar di Harvard saja, kemudian berkembang ke perguruan tinggi di Boston area, the Ivy League, and Stanford University. Facebook bertahap menyediakan layanannya ke berbagai universitas dan kemudian ke pelajar SMA. sejak 2006, semuanya dengan umur 13 tahun ke atas dapat mendaftar menjadi pengguna Facebook. Setelah mendaftar untuk menggunakan Facebook, pengguna dapat mebuat profil pengguna, menambahkan pengguna lain sebagai teman, saling mengirim pesan, update status dan foto, berbagi video dan mendapat notifikasi ketika pengguna lain update statusnya. Selain itu pengguna dapat bergabung dengan grup, yang dibuat oleh tempat kerja, sekolah atau universitas, dan lain - lain. Facebook mempunyai 1,18 juta pengguna aktif sampai Agustus 2015. 


Twitter bird logo 2012.svg
Twitter
Twitter adalah jejaring sosial yang membolehkan pengguna untuk mengirim dan membaca pesan singkat 140 karakter yang disebut "tweets" atau "kicauan".

Pengguna yang teregistrasi dapat membaca dan menulis tweet, tetapi pengguna yang belum terdaftar hanya bisa membacanya. Pengguna dapat mengakses Twitter melalui aplikasi, SMS, atau lewat situs Twitter. Twitter Inc. berpusat di San Francisco dan memiliki lebih dari 25 kantor di seluruh dunia.

Twitter dibuat pada Maret 2006 oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass, dan diluncurkan pada Juli 2006. Twitter dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia, dengan lebih dari 100 juta pengguna pada 2012 dengan 340 juta tweets per hari. Pada 2013 Twitter menjadi salah satu dari 10 situs yang paling sering dikunjungi, dan dijuluki sebagai "the SMS of the Internet". Hingga Mei 2015, Twitter mempunyai lebih dari 500 juta pengguna, dimana lebih dari 302 juta pengguna aktif.


Google+ logo.svg
Google+
Google+ adalah jejaring sosial berdasarkan ketertarikan yang diluncurkan pada Juni 2011. Fitur yang terdapat di Google+ yaitu mempost foto dan update status ke aliran atau komunitas berdasarkan ketertarikan, membuat grup yang disebut Circles, pesan instan dengan banyak orang sekaligus, mengirim pesan dan video chat yang disebut Hangouts, acara, menandai lokasi, dan kemampuan untuk mengedit dan mengunggah foto ke album.

Logo of LinkedIn
LinkedIn
LinkedIn adalah jejaring sosial yang berorientasi bisnis. Ditemukan pada Desember 2002 dan diluncurkan pada 5 Mei 2003. LinkedIn terutama digunakan untuk profesional. Hingga 2015, kebanyakan pendapatan situs berasal dari menjual akses untuk informasi tentang penggunanya untuk perekrut.

Pada 2006, pengguna LinkedIn bertambah menjadi 20 juta. Hingga Oktober 2015, LinkedIn melaporkan lebih dari 400 juta pengguna di lebih dari 200 negara.

Situs LinkedIn tersedia dalam 24 bahasa, termasuk bahasa Arab, Cina, Inggris, Prancis, German, Itali, Portugis, Spanyol, Belanda, Swedia, Denmark, Romania, Rusia, Turki, Jepang, Czech, Polandia, Korea, Indonesia, Melayu, dan Tagalog. Pada Juli 2013, Quantcast melaporkan LinkedIn mempunyai 65,6 juta pengunjung U.S. dan 178,4 pengunjung global, sampai 29 Oktober 2013 telah bertambah menjadi 184 juta.

Game

Kenapa game termasuk media sosial? game yang termasuk media sosial disini adalah game online. Kenapa? Seperti yang dijelaskan di atas, media sosial adalah sebuah media online yang memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dan berkomunikasi, sedangkan kebanyakan game online saat ini sudah memiliki fitur chat yang dingunakan untuk memudahkan berkomunikasi antar pemain.

DotA2.jpg
Dota 2
Dota 2 adalah free-to-play multiplayer online battle arena (MOBA) video game yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Valve Corporation. Dirilis untuk Microsoft Windows, OS X, dan Linux pada 2013.

Dota 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggotakan 5 orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Dimana tim harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lawan agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang.

Minecraft logo.svg
Minecraft
Minecraft adalah video game yang dibuat oleh programmer asal Swedia yang bernama Markus "Notch" Persson dan kemudian dikembangkan dan dipublikasikan oleh Mojang. Aspek kreatif dan bangunan yang ditawarkan Minecraft memungkinkan pemain membangun bangunan dari  kubus 3D bertekstur pada dunia yang dihasilkan secara prosedural. Kegiatan lain dalam permainan ini meliputi eksplorasi, pengumpulan sumber daya, kerajinan, dan pertempuran.

Phantasy Star Online 2 logo.png
Phantasy Star Online 2
Phantasy Star Online 2 adalah video game yang dipublikasikan oleh Sega, dirilis untuk Microsoft Windows pada 4 Juli 2012, dan untuk Playstation Vita pada 28 Februari 2013. Untuk PlayStation 4 sendiri telah diumumkan dan akan dirilis pada 2016 mendatang. Game ini sekarang hanya tersedia di Jepang dan Asia Tenggara saja. Gameplay di Phantasy Star Online 2 berorientasi pada aksi, dengan fitur beragam jenis senjata dan playstyles yang dapat pemain pilih.

Video Sharing

YouTube logo 2015.svg
YouTube
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang bermarkas di San Bruno, California, United States yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Pada November 2006, YouTube diakuisisi oleh Google dengan harga 1,65 milyar US Dollar. YouTube memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, dan membagikan video. Konten yang tersedia mencakup video klip, TV klip, video musik, dan konten lainnya seperti video edukasi.

YouTube is a video-sharing website headquartered in San Bruno, California, United States. The service was created by three former PayPal employees in February 2005. In November 2006, it was bought by Google for US$1.65 billion.[4] YouTube now operates as one of Google's subsidiaries.[5] The site allows users to upload, view, and share videos, and it makes use of WebM, H.264/MPEG-4 AVC, and Adobe Flash Video technology to display a wide variety of user-generated and corporate media video. Available content includes video clips, TV clips, music videos, and other content such as video blogging, short original videos, and educational videos.

Kebanyakan konten yang tersedia di YouTube merupakan hasil unggah dari para pengguna, akan tetapi perusahaan media termasuk CBS, the BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lainnya menawarkan sebagian programnya lewat YouTube, sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna yang belum teregistrasi hanya bisa menonton video, sedangkan pengguna yang teregistrasi dapat menonton video dan mengunggah video pada salurannya.

The Vine Logo.svg
Vine
Vine adalah aplikasi layanan berbagi video berdurasi pendek dimana pengguna dapat berbagi 6 detik durasi video.Ditemukan pada Juni 2012, dan diakuisisi oleh Twitter pada October 2012, tepat sebelum peluncuran resmi Vine. Video pengguna dipublikasi melalui jejaring sosial Vine dan bisa di share ke jejaring sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Aplikasi Vine bisa untuk mencari video yang dipublikasikan oleh pengguna lain, dengan kategori tema, sedang trend, dan populer.

Aplikasi Percakapan

Yahoo Messenger Logo
Yahoo Messenger
Yahoo! Messenger merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager pada 9 Maret 1998. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. YM menawarkan berbagai fasilitas koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam hosting, text Message service, chat rooms.

Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.

Skype logo
Skype
Skype adalah aplikasi yang dikususkan untuk video chat dan panggilan suara. Pengguna juga dapat saling kirim pesan teks dan pesan video, file dan gambar, serta membuat panggilan konferensi. skype terdapat pada Microsoft Windows, Mac, Linux, Android, Blackberry, iOS dan Smartphone dan Windows Phone. Skype adalah aplikasi freemium. Kebanyakan servisnya gratis, tetapi pengguna butuh Skype Credit atau subscription untuk menelepon telepon rumah dan nomor mobile. Hingga Februari 2012 ada sekitar 34 juta pengguna yang online dan lebih dari 300 juta pengguna aktif setiap bulan hingga Agustus 2015.

Awal rilis pada Agustus 2003, dibuat oleh Swede Niklas Zennström dan Dane Janus Friis bekerja sama dengan Estonians Ahti Heinla, Priit Kasesalu, dan Jaan Tallinn, yang mengembangkan backend, yang juga digunakan dalam aplikasi musik-sharing Kazaa. Pada September 2005, eBay membeli Skype seharga 2,6 milyar US dollar. Pada September 2009, Silver Lake, Andreessen Horowitz, dan the Canada Pension Plan Investment Board mengumumkan akuisisi 65% dari Skype untuk 1.9 milyar US dollar,  dari eBay, dengan total saham 2,75 milyar. Pada akhirnya Skype dibeli oleh Microsoft pada Mei 2011 dengan harga 8,5 milyar US dollar. Divisi Microsoft Skype bermarkas di Luxembourg. Awalnya Skype mendukung  peer-to-peer dan client-server sistem hybrid, namun, sejak Mei 2012, Skype telah sepenuhnya Skype sepenuhnya didukung oleh supernodes Microsoft-operated..

Skype memungkinkan pengguna untuk komunikasi dengan suara menggunakan microphone, video menggunakan webcam, dan pesan instan lewat internet. memanggil antar pengguna Skype tidak dipungut biaya, tetapi ketika menelefon nomor telefon rumah dan telefon genggam akan terkena biaya melalui sistem account pengguna berbasis debit disebut Skype Credit. Namun, beberapa lembaga jaringan telah melarang Skype disejumlah perusahaan, jaringan pemerintah, rumah, dan pendidikan, dengan alasan seperti penggunaan sumber daya yang tidak pantas, penggunaan bandwidth yang berlebihan, dan masalah keamanan.

WhatsApp logo.svg
Whatsapp
WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan instan berlangganan untuk smartphone. WhatsApp dapat mengirim pesan teks, gambar, video, lokasi pengguna dan pesan suara ke pengguna lain menggunakan nomor standar ponsel seluler.

WhatsApp Inc. didirikan pada 2009 oleh Brian Acton dan Jan Koum, yang bermarkas di Mountain View, California. WhatsApp Inc. diakuisisi oleh Facebook pada 19 Februari 2014 dengan harga sekitar 16 milyar US dollar. Hingga September 2015 WhatsApp  mempunyai pengguna sampai 900 juta yang membuatnya menjadi aplikasi pesan terpopuler di dunia.

Line (application) logo.svg
LINE
Line (atau ditulis juga "LINE") adalah aplikasi untuk komunikasi instan pada smartphone, komputer tablet dan PC. Pengguna Line dapat mengirim pesan teks, gambar, video dan suara, dan dapat melakukan percakapan VoIP dan konferensi video secara gratis. Line dibuat oleh 15 member NHN Japan, dan diluncurkan di Jepang pada 2011, mencapai 100 juta pengguna hanya dalam 18 bulan dan menjadi 200 juta pengguna 6 bulan kemudian. Line menjadi jejaring sosial terbesar di Jepang pada 2013. Pada Oktober 2014 Line mengumumkan bahwa Line telah menarik 560 juta pengguna di seluruh dunia dengan 170 juta pengguna aktif. Pada Februari 2015, Line mengumumkan telah mencapai 600 juta pengguna dan akan mencapai 700 juta pada akhir tahun.

Sebenarnya Line dikembangkan sebagai aplikasi ponsel untuk smartphone Android dan iOS saja. Kemudian merambah ke BlackBerry pada Agustus 2012, Nokia Asha pada Maret 2013, Windows Phone pada Juli 2013, Firefox OS pada Februari 2014, iOS tablet pada Oktober 2014, dan sebagai aplikasi pada Browser Chrome (lewat Chrome App Store). Di satu titik Line tersedia sebagai situs web ( bukan aplikasi browser), tetapi itu sudah dihentikan. Aplikasi Line juga tersedia untuk laptop dan komputer desktop yang menggunakan OS Microsoft Windows dan Mac OS.

Sosial Media Buatan Indonesia

FUPEI logo
FUPEI
FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesian) adalah sebuah situs jejaring sosial yang menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Pengguna FUPEI dikenal dengan nama fupeis. Seorang fupeis dapat mencari fupeis lain dan mengangkatnya sebagai status teman di dalam FUPEI. Setelah status menjadi teman, seorang fupeis dapat menulis testimoni kepada temannya. Fupeis juga dapat mengirimkan surat kepada fupeis lain ataupun temannya. Seorang fupeis dapat memiliki jumlah teman yang tidak terbatas, hal ini dapat mengurangi duplikasi profil seorang fupeis karena ketidak-terbatasan kapasitas daftar teman yang disediakan FUPEI.

FUPEI didirikan oleh Sanny Gaddafi pada bulan Mei 2004. Sejak pertama diluncurkan, pendaftar-pendaftar di FUPEI setiap hari terus bertambah. FUPEI mulai melakukan perombakan dari sisi teknologi dan antar-muka pengguna pada bulan Agustus 2006 guna meningkatkan usabilitas untuk para penggunanya. Hal ini menjadikan FUPEI dapat meraih peningkatan jumlah pengguna dalam waktu singkat dan terus berkembang hingga pada tahun 2013 akhir, fupei meluncurkan tampilan barunya. Tetapi akhirnya tutup pada awal 2014 dan sampai sekarang situs FUPEI sudah tidak bisa diakses lagi.


Sebangsa
Didirikan dengan misi untuk berbagi dan membangun Indonesia bersama-sama lewat teknologi digital. Sebangsa, sebagai sebuah jejaring sosial lokal di mobile platform menyambungkan keinginan kita untuk, bukan saja, berbagi dan berinteraksi, tapi juga melakukan sesuatu dengan hasil nyata di dunia nyata.

Sebangsa adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia, didirikan pada tahun 2014. Sebangsa bisa diakses melalui situsnya dan aplikasinya yang tersedia untuk Android dan iOS. Social media Sebangsa ini punya keunikan yakni KONTEN LOKAL yang terasa ‘Indonesia Banget’. Social media ini bisa dibilang mirip Path dan Twitter dengan fitur linimasa dan bisa juga meng-update status dan foto dan kegiatan lainnya. Fitur menarik Sebangsa adalah menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan publik seperti kepolisian dan pemadam kebakaran. Selain itu, terdapat pula fitur Pesan Panik yang berfungsi mengirimkan pesan kepada 5 orang terdekat apabila dalam keadaan darurat. Fitur Pesan Jaga-jaga yang memungkinkan posisi pengguna bisa diketahui oleh 5 orang terdekatnya dengan mengaktifkan GPS.


Kwikku
Kwikku adalah jejaring sosial asal Indonesia yang didirikan pada 26 September 2013 oleh 11 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.Kwikku sempat mencuri perhatian publik hingga Mampu menyedot lebih dari 40.000 pengguna terdaftar. Meski sempat diragukan oleh berbagai pihak, kwikku mampu menjawab dengan terus berkarya dan senantiasa mengasah kreatifitas. Tak tanggung-tanggung aplikasi kwikku di android telah mengantongi Juara sebagai Best of The Best Android Application di ajang Cakrawala Awards yang diadakan oleh (JITC) Jatim IT Creative dan Disperindag Jatim.

Kwikku memiliki beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari kwikku e-learning yang memfasilitasi kelas online, mall kwikku sebagai marketplace dan juga blogging serta cloud computing. Tidak ketinggalan fitur dating yang memfasilitasi para jomblo di Indonesia.

Logo Kaskus.svg
Kaskus
KASKUS adalah forum diskusi & jual beli terbesar di Indonesia yang penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus didirikan 6 November 1999 oleh Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.

KASKUS terbagi kedalam dua jenis forum yaitu Forum diskusi dan Forum Jual Beli (FJB). Forum diskusi adalah tempat untuk mendiskusikan segala hal sedangkan FJB adalah tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk. Forum diskusi KASKUS kerap memberitakan informasi yang tidak bisa ditemukan di portal-portal berita lain dan juga FJB KASKUS terbukti sebagai tempat paling lengkap untuk menemukan segala macam produk & jasa.

Di KASKUS juga tercipta jargon & istilah-istilah khas yang akhirnya menjadi budaya pengguna internet di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Juragan, Pertamax, Rekber, COD, dan istilah-istilah lainnya.
Previous
Next Post »