Cara Kerja Internet


Internet bekerja karena keterbukaan akses jaringan membuat semua jaringan dapat terkoneksi dengan jaringan lain. Ini yang membuat semua orang membuat konten, menawarkan jasa, dan menjual produk tanpa perlu izin dari otoritas pusat.

Jaringan Sederhana

Ketika 2 komputer ingin berkomunikasi, kamu harus menyambungkan keduanya, baik menggunakan kabel Ethernet, atau wireless seperti Wi-Fi atau Bluetooth.

Two computers linked together

Jaringan tidak terbatas hanya 2 komputer saja. Kamu bisa mennyambungkan sebanyak yang kamu mau, tetapi akan sangat sulit. Contohnya jika kamu ingin menyambungkan 10 komputer kamu butuh 45 kabel dengan 9 kabel tersambung per komputernya!

Ten computers all together

Untuk menyelesaikan masalah ini, setiap komputer pada jaringan disambungkan pada sebuah komputer mini yang disebut router. Pekerjaan router ini yaitu memastikan bahwa pesan terkirim dengan tujuan yang benar. Contohnya Untuk mengirim pesan ke komputer B, komputer A harus mengirim pesan ke router, kemudian router meneruskannya ke komputer B dan memastikan kalau komputer C tidak menerima pesan tersebut.

Ten computers with a router

Mengakses Komputer

Jika kamu ingin mengirim pesan ke sebuah komputer, kamu harus tahu yang mana yang akan menerimannya. Karena semua komputer yang terhubung ke jaringan mempunyai alamat unik untuk mengidentifikasinya, yang di sebut "IP Address". Alamat tersebut terdiri dari 4 seri angka yang dipisah menggunakan titik, contohnya: 192.168.2.10.

Itu sangat berguna bagi komputer, tetapi manusia susah untuk mengingat alamat tersebut. Untuk memudahkannya, kita bisa mengubah alamat IP dengan sesuatu yang dapat dibaca dengan mudah yaitu "Nama Domain". Contoh google.com adalah nama domain yang digunakan untuk mengganti alamat IP 173.194.121.32. jadi menggunakan nama domain lebih mudah untuk kita mengakses komputer di internet.

Show how a domain name can alias an IP address
Previous
Next Post »